Jumat, 16 Maret 2012

pria sejarah.

aku baru saja melihat sepintas sebuah film
tentang sejarah.
sebuah kisah masa lalu seorang mahasiswa
yang idealis, keras kepala dan mungkin sedikit egois
yaa di mata ku, aku menganggapnya seperti itu

lagi lagi tentang masa lalu
sebuah kisah yang dapat memperbaiki masa depan kita
aku bukan ingin mengomentari bagaimana filmnya
aku juga bukan seorang komentator

aku tidak memiliki hak ataupun kemampuan untuk mengkritik mahasiswa terkenal itu. dia hidup dengan ke-idealis-an nya. menentang apa yang dia anggap salah. dan membela mati-matian apa yang dia anggap benar. aku rasa aku sedikit mengerti. ketika seseorang memiliki sebuah dendam, dia akan terlihat lebih tegas dalam menjalani hidupnya.

hidup di masa lalu sepertinya lebih sulit, hidup di negara yang baru saja merdeka. seperti kuda lepas dari kandangnya. saat itu sepertinya beberapa kalanngan terlihat sangat sombong. begitu di puja dan begitu terhormat. walaupun begitu ditakuti, tapi tetap saja akan ada kalangan yang menantang dan tidak suka dengan pemerintah, di zaman apapun itu. merasa pemerintah tidak menjalankan tugasnya dengan baik. mungkin cara penentangan itu berbeda-beda. ada yang dengan melakukan demonstrasi, menulis artikel pemberontakan, kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang merasa tertindas atau mungkin hanya pasrah dengan pemerintahan. tidak ada yang salah. semua orang bebas mengekspresikan dirinya dan pikirannya.

dia sepertinya tidak menyukai pemerintahan pada zamannya. sebagai mahasiswa yang idealis, dia tidak mungkin berdiam. melihat tulang-tulang rakyat menonjol tegas dari balik kulit mereka yang terbakar matahari. pria ini mungkin sangat hebat di masanya, di angkatannya. tapi kita bukan dia. kita punya cara sendiri untuk mengekspresikan pendapat kita. sesuai dengan zaman kita. tidak perlu terlalu banyak bicara, menguras tenaga.


mahasiswa terkenal itu belajar sejarah, dia suka membaca buku, sepertinya sangat pendiam. dia sangat idealis. itu bagus. tapi untuk beberapa orang, semakin idealis maka semakin mudah untuk di hasut. semakin mudah untuk di tebak sifatnya. mungkin tidak untuk mahasiswa idealis terkenal itu.

mahasiswa itu menciptakan sejarah baru. perjalanan hidupnya menjadi sejarah tersendiri. melalui beberapa lembar kertas di buku hariannya, dia membuat hidupnya bermakna dan di kenal orang lain.
pria ini, mahasiswa sejarah ini, seperti nya begitu menarik. dengan jalan hidupnya dan bagaimana dia menceritakan kehidupannya. mahasiswa sejarah ini....


"Kita generasi baru, ditugaskan untuk memberantas generasi tua yang mengacau. Kita akan menjadi hakim atas mereka yang dituduh koruptor-koruptor tua. Kitalah generasi yang akan memakmurkan Indonesia."- Soe Hok Gie



dan pemeran dirinya, begitu tampan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar